Minggu, 03 November 2013

Perbandingan Android Dengan Apple

Apple, perusahaan raksasa asal California, saat ini memiliki pesaing kuat asal Korea, Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan ini sukses untuk membangun produk mobile setelah berhasil pada industri elektronik. Saat ini Apple dan Samsung ingin menjadi perusaahaan dengan market share tertinggi untuk penghasil mobile device. Dan banyak orang yang bingung, untuk menggunakan produk dari Apple atau Samsung. Penggunaan mobile device seperti handphone, smartphone, tablet pada dasarnya tergantung dari kebutuhan pengguna. Namun terkadang pengguna juga tidak dapat menentukan kebutuhan utama dari penggunaan mobile device tersebut. Untuk berikut review tentang penggunaan Apple atau Android. 

  • Kisaran harga? siapakah yang menentukan? 
Untuk masalah harga, Apple merupakan mobile device yang terbilang untuk kelas menengah ke atas, dengan harga rata - rata diatas lima juta rupiah, sedangkan samsung memiliki kisaran harga yang sangat bervariatif yaitu mulai dari 1 juta hingga 7 juta rupiah. Jika memiliki budget tertentu, alangkah baiknya sesuaikan budget dengan harga produk. 
  • Dimensi Layar? 
Untuk dimensi layar pada handphone,setiap produk Apple memiliki dimensi layar yang sama yaitu 3.5 inch, sedangkan Samsung bervariasi. Untuk tablet juga demikian, samsung memiliki varian yang lebih banyak, seperti 10.1 inch, atau 7 inch, sedangkan Apple masih 10.1 inch dan dirumorkan akan merilis tablet 7 inch. Jika anda lebih suka menggunakan layar yang lebar, anda dapat memilih varian Samsung, karena Samsung Galaxy note merupakan handphone dengan dimensi layar 5.3 inch. 
  • Kualitas Layar.
Apple mengusung teknologi Retina Display, dan Samsung pada produk terbarunya mengandalkan layar super AMOLED HD. Semua memiliki kelebihan masing - masing dan jika kualitas gambar pada jarak dekat, jelas retina display memiliki kepadatan pixel yang cukup tinggi sehingga mata manusia tidak dapat membedakan setiap pixel dari layar retina display. Untuk kecerahan warna dan intensitas warna dari layar, Super Amoled mampu mengungguli pesaing beratnya, Apple. 
  • Sistem Operasi 
Apple menggunakan sistem operasi yang ekslusif tersendiri menggunakan iOS, yang sudah diperkenalkan sejak pertama kali iPhone keluar. Sedangkan Samsung menggunakan sistem operasi Android milik Google. iOS dikenal dengan user interface yang sangat user friendly yang sangat mudah digunakan oleh semua orang, karena penggunaanya yang sangat mudah, bahkan anak - anakpun dengan cepat dapat mengoperasikan iOS. Selain itu pada iOS pengaturan menu dan tampilannya sangat sederhana, tidak dapat dikostumisasi kecuali dijailbreak.
Android memiliki user interface yang cukup mudah, namun tidak semudah pada iOS. Berbagai macam pengaturan dan tampilan pada Android dapat disesuaikan dengan keinginan, bahkan banyak aplikasi yang disediakan secara resmi untuk mengubah tampilan, theme, dan widget sehingga tampilannya terlihat lebih menarik. Karena terlalu banyak pengaturan tak jarang orang terkadang bingung dan enggan untuk mengganti pengaturannya. 
  • Aplikasi dan Game
Salah satu hal yang juga menjadi faktor yang sangat penting dalam memilih suatu produk mobile device adalah ketersediaan aplikasi. Dengan banyaknya jumlah aplikasi yang tersedia dapat memberikan kesempatan bagi pengguna untuk memilih. Selain aplikasi, game akan membuat orang nyaman mengisi waktu luang dengan mobile device yang dimilikinya. Saat ini jumlah aplikasi yang dimiliki Apple sudah mulai diimbangi dengan Android. Namun aplikasi yang disediakan oleh Apple pada iOS lebih menarik dan interaktif dibandingkan Android. Walaupun semua aplikasi populer yang ada sudah ada dikedua sistem operasi tersebut, tetap saja aplikasi lain dibutuhkan untuk menambah koleksi aplikasi pada mobile device. Dilihat dari varian produknya, Apple hanya membuat dua jenis aplikasi yaitu untuk iPhone dan iPad, karena berdasarkan hardware yang memiliki lebar layar yang berbeda, sehingga berbagai macam aplikasi akan compatible dengan kedua jenis gadget tersebut. 
Pada Samsung, memiliki varian produk yang sangat beragam, baik dari lebar layar maupun spesifikasi hardware. Hal ini mengakibatkan banyak aplikasi hanya dapat berjalan dengan baik pada produk tertentu. Banyak aplikasi pada Google Play memiliki depedensi terhadap hardware yang digunakan. 
Terbukti aplikasi yang disediakan oleh iTunes memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak karena aplikasinya yang sangat interaktif dan menarik. 

  • Jailbreak vs Rooting

Menginginkan hak akses tertinggi memberikan kepuasan pengguna dalam menentukan keinginannya menggunakan mobile device. Jailbreak adalah salah satu cara mendapatkan akses tertinggi pada iOS dengan menginstall sebuah software kecil sehingga dapat menginstall berbagai macam aplikasi yang sebelumnya dilarang oleh Apple. Pada Samsung yang menggunakan Android, dapat melakukan rooting untuk mendapatkan hak akses tertinggi, walaupun pada dasarnya Android adalah sistem operasi open source yang dibatasi. 
Dengan jailbraek, sangat banyak sekali perubahan yang didapatkan, mulai dari berbagai aplikasi yang diperoleh secara gratis dan aplikasi - aplikasi yang tidak diizinkan oleh Apple. Kemudahan lain adalah dengan banyaknya tweaks pada iOS sehingga memudahkan penggunaanya. Jika proses rooting, perbedaan yang dirasakan tidak terlalu terlihat. 
Jadi jika seseorang bingung memilih untuk menggunakan Apple atau Samsung, tampaknya hal yang pertama menjadi acuan adalah budget yang dimiliki. Jika budget tidak menjadi masalah, maka mulailah menyesuaikan kebutuhan dan kebiasaan seseorang dalam menggunakan perangkat mobile. Orang kantoran akan cenderung menggunakan mobile device yang support untuk pekerjaannya, seperti email dan office yang mendukung. Untuk mengisi waktu luang, aplikasi akan mengisi kejenuhan seseorang dan bahkan akan menjadi hobi. Dan setiap device memiliki kelas yang sebanding, sehingga pengguna hanya memerlukan kecendrungan kebiasaan. Jadi, dengan berbagai pilihan dan review yang melimpah, semua tergantung pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar