Minggu, 27 Oktober 2013

TUGAS MID SEMESTER 1 KELAS XI



1.       Apa kepanjangan dari dan fungsi ISP ?
2.       Apa yang dimaksud dengan Wireles ?
3.       Sebutkan peralatan pendukung internet?

4.       Apa kepanjangan dan pengertian WWW?
5.       Apa yang dimaksud dengtan internet?
6.       WIFI kependekan dari….
7.       Apa yang dimaksud dengan Bandwith?
8.       Sebutkan macam-macam koneksi internet?
9.       Apa yang dimaksud LAN?
10.   Bagaimana cara kita melihat jaringan hotspot ?

1.       Jelaskan secara singkat sejarah perkembangan internet !
2.       Jelaskan apa yang dimaksud data digital dan data analog!
3.       Apa yang dimaksud dengan blog?
4.       Sebutkan langkah_langkah membuat blog!
5.       Sebutkan langkah-langkah membuat blogroll pada blog!

JAWAB :
1.       ISP ( Internet Service Provider )
Fungsi ISP : sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses, kita cukup menghubungi ISP melalui komputer dan modem. Lalu, ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.
2.       Wireless adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik.
3.       Peralatan pendukung koneksi internet :
a.       Hub/Switch
b.      Repeater
c.       Router
d.      Bridge
e.      Gateway
4.       WWW ( World Wide Web )
WWW adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada internet.  WWW merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
5.       Internet adalah kependekan dari interconnection-networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
6.       WIFI ( WIreless FIdelity )
7.       Bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersamaan oleh beberapa data yang ditransfer dalam suatu jaringan.
8.       Macam macam koneksi internet :
a.       Analog
b.      ISDN
c.       B-ISDN
d.      Cable
e.      Wireless Conection Internet
f.        Satellite
9.       LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung atau sekolahan, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.
10.   Cara melihat jaringan  hotspot:
Klik Start
Klik Control Panel
Klik Networks Conections
Terdapat signal mrip signal handphone
Double Klik/ klik connect
Tunggu sebentar, isi password
Klik OK



1.       Sejarah sebuah Internet yaitu Internet pada awalnya adalah sebuah jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika di tahun 1969,  Pada saat itu, departemen pertahanan Amerika Serikat (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Pada saat itu mereka memperkenalkan bagaimana dengan software dan hardware komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP.
Awalnya dibangunnya proyek itu bertujuan untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika.Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja , ketika itu mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah tanpa diduga-duga, dan semua universitas di negaratersebut ingin bergabung karena tertarik dengan teknologi terebut, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya karena pada saat itu banyak sekali yang ingin bergabung.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” yang digunakan untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru  yang lebih kecil yang digunakan untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas dan penelitian lain. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet yang kini kita kenal dan tidak asing lagi bagi kita.
2.       Data digital adalah sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret.
Data Analog
Data analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitudo dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus atau setengah lingkaran, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog.
3.       Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
4.       Langkah-langkah membuat blog :
Klik Mozilla Firefox / Google Chrome
Tulis Blogger.com pada kolom search
Mendaftar E-Mail Di Google,  Mendaftar G+, Mendaftar Blog, Menulis Blog, Mendaftarkan Blog Ke google.com/Webmaster/tools, Mendaftarkan Blog Ke bing.com atau yahoo/webmaster/tools,  Membuat Peta Situs Blog di google dan bing/yahoo, Ping blog ke googlepi.com atau mypagerank.com/ping, Membuat Tautan Situs atau Site Link, Membuat akun google anaylitic
5.       Membuat blogroll pada blog:
·         opy script blogroll di bawah ini, pastekan pada widget html yang anda miliki :
·         <div style="overflow: auto; width: 100px; height: 200px; text-align: left; background:#FFFFF;">
<ul style="width: auto; margin: 0 0 0 0;">
<li><a href="http://martapierre.com/">Perhiasan Batu Alam</a></li>
<li><a href="http://blog.livean.com/">Indonesian Online</a></li>
<li><a href="http://ajrajr.blogspot.com/">Tips and Tricks</a></li>
<li><a href="http://mhs.blog.ui.ac.id/ahmad.jakfar/">Blog</a></li>
<li><a href="http://bestwannabe.com/">Best Wannabe 2011</a></li>
</ul>
</div>
·         Anda juga dapat melakukan sedikit konfigurasi pada blogroll anda :
·         width: 100px; => membuat box dari blogroll selebar 100px vertikal
·         height: 200px; => membuat box dari blogroll sepanjang 100px horizontal
·         Sedangkan yang berwarnah merah adalah link-link yang anda ingin tampilkan pada Blogroll di blog anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar